Jumat, 12 Agustus 2022

Pemkab Serang Kejar Peningkatan Nilai Indeks SPBE 2022

Senin, 04 Jul 2022 | 17:41 WIB - Serang Teknologi Pemerintahan

lBC, Serang - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang terus berupaya dalam mengejar peningkatan nilai Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik atau SPBE. Yang bertujuan, untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya.

Salah satu upaya yang dilakukan, jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Serang melakukan kunjungan kerja (kunker) ke daerah yang penilaian Indeks SPBE meraih Predikat Sangat Baik dengan Indeks 3,81 yakni Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat (Jabar) pada Tahun 2021 lalu. Sedangkan untuk Pemkab Serang pada Tahun 2021 meraih nilai SPBE Predikat Baik dengan Indeks 2,64, dengan target mengalami peningkatan nilai SPBE Predikat Sangat Baik dengan Indeks 3,50.

Mengingat, pada pertengahan Juli 2022 ini pun akan kembali dilaksanakan pemantauan dan evaluasi SPBE secara nasional oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN RB).

Kepala Bidang (Kabid) Komunikasi Informasi Publik (KIP) pada Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosatik) Kabupaten Serang, Ari Arumansyah mengatakan, dalam rangka pemenuhan dan peningkatan SPBE Indeks di Kabupaten Serang perlu adanya upaya – upaya yang lebih konkret dan berkesinambungan.

Oleh karena itu, tujuan dari kunjungan kerja ke Pemerintah Kabupaten Sumedang pada Jum’at, 1 Juli 2022 lalu tidak lain dan tidak bukan ingin melakukan transfer knowledge dan pengalaman, serta kiat – kiat dalam penyelenggaraan sistem pemerintahan berbasis elektronik yang efisien, efektif, akuntabel dan transparan.

“Banyak hal yang ingin kami gali dan peroleh dari kegiatan kunjungan kerja ke Kabupaten Sumedang ini, semoga bapak dan ibu yang berkompeten dalam penyelenggaraan SPBE berkenan membagikan ilmu pengetahuan serta pengalamannya,”ujar Ari melalui keterangan tertulisnya pada Senin, 4 Juli 2022.

Ari menjelaskan guna mewujudkan peningkatan SPBE, perlu adanya strategi perencanaan investasi Teknologi Informasi yang dapat dilakukan selaras dan terintegrasi dengan visi, misi, tujuan dan strategi Pemkab Serang. Sudah barang tentu pada era digitalisasi ini, dituntut untuk bisa berakselerasi dan berkolaborasi terhadap perkembangan teknologi informasi global agar tidak ketinggalan dengan Negara-negara lain.

“Begitu pula dengan layanan publik yang semakin komplek harus ditunjang oleh aplikasi atau layanan yang sustainable, yang dapat memudahkan dan memaksimalkan dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat, terutamanya dalam pelayanan kesehatan dan pendidikan,”tutur Ari.

Hadir pada kunker tersebut Pejabat Fungsional Pranata Muda Komputer Bidang Telematika, Ekky Agushari Sumitra dan Edy Siswanto, Pranata Muda Komputer Bidang KIP, Sugarda Bayu Aji, dan perwakilan Bagian Hukum, Bagian Tata Pemerintahan, Bagian Organisasi, Bappeda, dan Bapenda yang diterima Kabid Telematika Diskominfosanditik Kabupaten Sumedang, Arief Syamsudin. Arief Syamsudin menyambut baik atas kedatangan jajaran Pemkab Serang.

Arief Syamsudin mengatakan, perlunya adanya keseriusan Pemerintah Daerah (Pemda) dalam hal ini Kepala dan Wakil Daerah guna menunjang keinginan dalam implementasi peningkatan pelayanan SPBE. Dirinya pun memberikan tips salah satu kunci yakni harus terintegrasi antara OPD terkait. “Perlu adanya keseriusan tehadap pemangku kebijakan pemerintah daerah. Begitu juga kata kuncinya adalah terintegrasi antara OPD terkait,”ujarnya.

Usai dialog, jajaran Pemkab Serang di perlihatkan fasilitas Command Center Sumedang di Sekretariat Daerah Kabupaten Sumedang. Usai pemaparan dilanjutkan dengan pemberian plakat dan sesi foto bersama.[Ars]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Pemkab Serang Kejar Peningkatan Nilai Indeks SPBE 2022
pemda

INILAH SERANG

71 dibaca
Perakit Mobil Odong-odong Ditetapkan sebagai Tersangka
94 dibaca
Pemkab Serang Bentuk Tim Pertahankan 26 Ribu Hektare LSD
103 dibaca
BPS Jadikan Desa Kemanisan sebagai Desa Cantik 2022

HUKUM & KRIMINAL

71 dibaca
Perakit Mobil Odong-odong Ditetapkan sebagai Tersangka
150 dibaca
Pengamen Jalanan Nekat Jualan Sabu
153 dibaca
Personil Polres Serang Gerebeg Rumah Pengedar, 20 Paket Sabu Diamankan

POLITIK

139 dibaca
Wabup Serang Harap Anggota DPRD Hasil PAW Berikan Masukan Positif
189 dibaca
Pemprov Banten Siap Fasilitasi Pemilu 2024
484 dibaca
Andika Ingatkan Pembangunan Baitul Qur’an oleh Pemprov Banten Tahun Ini
Top